Tasyakuran 50 Tahun Masjid Jogokariyan dan Penghargaan Masjid Besar Percontohan Idarah Nasional 2016 Oleh Kemenag RI

Posted on Leave a commentPosted in Jogokariyan Darussalam

Setelah beberapa rangkaian kegiatan Setengah Abad Masjid Jogokariyan yang diadakan sejak bulan Januari 2016 hingga pertengahan Desember 2016, Masjid Jogokariyan pada tanggal 14 Januari 2017 mengadakan tasyakuran mengundang 1000 Jamah Masjid Jogokariyan dengan 58 tumpeng, ingkung dan pembagian paket sembako untuk 340 kepala keluarga. Selain sebagai rangkaian acara setengah abad masjid jogokariyan, acara ini juga dalam rangka tasyakuran penghargaan masjid besar percontohan idarah nasional 2016 oleh Kemenag RI.

Tasyakuran dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sambutan dari ketua Takmir H.M.Fanni Rahman,S.IP dan Kapolda DIY Brigjend Pol Ahmad Dofiri. Ditampilkan juga pentas seni dari Himpunan Anak-anak Masjid Jogokariyan (HAMAS), pengurus HAMAS dan Remaja Masjid Jogokariyan. Hikmah tasyakuran disampaikan oleh KH.M.Jazir ASP

Sedangkan KH.M.Jazir ASP dalam ceramahnya mengingatkan jamaah akan betapa luasnya Wilayah Kesatuan Republik Indonesia yang perlu kita jaga dengan persatuan. Beliau mengingatkan ayat al quran pada surat al hujurat dan ar-ruum, bahwa Allah menciptakan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa. Bahkan Allah menyebutkan bahwa perbedaan bahasa dan warna kulit di antara manusia adalah tanda kebesaran-Nya. Oleh sebab itu kita tidak boleh menghapuskan identitas kita. Yang indah justru adalah dengan tetap bersaudara meskipun berbeda budaya, suku, bangsa dan bahasa. Beliau juga mengingatkan sebuah nasihat ulama:

“Tidak ada islam tanpa kekuatan, tidak ada kekuatan tanpa persatuan, tidak ada persatuan tanpa keagungan akhlaq para pemimpin, dan tidak ada keagungan akhlaq tanpa tauhid.”

Hal ini beliau sambung dengan penjelasan tentang Pancasila, yang mana urutannya menunjukkan kedalaman pikir para ulama dan pemimpin bangsa saat itu. Diawali dengan tauhid (ketuhanan yang maha esa), yang menumbuhkan keadilan dan keberadaban, dengan keberadaban terpeliharalah persatuan, dan diselenggarakan kepemimpinan yang bermusyawarah agar terwujud keadilan sosial bagi rakyat Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan makan 58 tumpeng dan Ingkung ayam bersama warga Jogokariyan, sembari melihat penampilan seni dari anak-anak dan remaja serta bapak-ibu jamaah masjid. Alhamdulillah warga antusias menghadiri acara ini, terlihat dari kehadiran yang tetap memenuhi masjid dan halaman meskipun hujan deras. Pada akhir acara diadakan pembagian sembako untuk 340 keluarga, dan acara ditutup.

Kemenag Jogja: Masjid Jogokariyan Jadi Juara Lomba Masjid Besar Percontohan DIY.

Posted on Leave a commentPosted in Jogokariyan Darussalam

Yogyakarta (Inmas) – Pasangan H. Moh. Syakir SU dan Hj. Machsunah SE dari DIY berhasil meraih juara 1 Keluarga Sakinah Teladan Nasional tahun 2016. Selain mendapat piala dan piagam penghargaan, pasangan ini juga mendapat uang pembinaan sebesar Rp 23 juta. Aspek penilaian meliputi pemahaman dan pengamalan ajaran agama, penghayatan dan pengamalan kehidupan berbangsa, dan kehidupan perkawinan dan rumah tangga. Hadiah diserahkan kembali oleh Kakanwil Prof Nizar didampingi Kabid Urais Binsyar Nur Abadi pada apel pegawai di halaman kanwil, Senin (22/8).

Dalam amanatnya sebagai pembina apel, Nur Abadi mengatakan bahwa bulan Agustus tahun 2016 ini menjadi bulan membanggakan bagi kita karena berhasil meraih Juara 1 Keluarga Sakinah Teladan dan Juara 2 KUA Teladan Nasional. Juara 2 KUA Teladan Nasional diraih KUA Kecamatan Nglipar Gunungkidul yang dikepalai Muthohar SAg MA. Selain mendapat piala dan piagam penghargaan, juga mendapat uang pembinaan sebesar Rp 40 juta.

“Selain itu, kami juga mengadakan penilaian Masjid Besar Percontohan tingkat DIY tahun 2016. Juara 1 nantinya akan mewakili DIY ditingkat nasional,” kata Nur Abadi.

Secara berurutan, juara 1 hingga juara harapan 2 Masjid Besar Percontohan DIY diraih Masjid Jogokariyan di Kota Yogyakarta, Masjid Al Munawwir di Sewon Kabupaten Bantul, Masjid Baiturrahman di Ngaglik Kabupaten Sleman, Masjid Jami di Samigaluh Kabupaten Kulon Progo, dan Masjid Al Huda di Playen Kabupaten Gunungkidul. (and/win/ foto: syadan)

Sumber

=================================

Masjid Jogokariyan Masih Menerima Sohibul Sapi. Bagi yang ingin berqurban di Masjid Jogokariyan bisa mengikuti langkah berikut ini.

1. Transfer uang ke Rekening BSM an.Masjid Jogokariyan No.7099602017 sebesar Rp 2.750.000
2. Konfirmasi ke Sdr Rizki Rahim
– SMS/Whatsapp: 085878603556
– TELEGRAM: https://goo.gl/FzJtpz
dengan Format QURBAN_NAMA_DOMISILI

50 Sapi Untuk Negeri, Apa Bisa Selesai Setengah Hari??

Posted on Leave a commentPosted in Jogokariyan Darussalam

Pengelolaan Qurban merupakan hal yang sangat krusial, baik dalam masalah kesehatan ataupun tata kelola penyembelihan, apakah sudah sesuai sunnah? atau malah banyak yang menyalahi sunnah?? kan GAWAT.
Banyak dari pengurus penyembelihan masih kurang memperhatikan hal ini, padahal Qurban merupakan salah satu ibadah sunnah yang hampir mendekati wajib (bagi yang mampu). Bayangkan kalau ibadah Anda yang begitu mulia dikerjakan dengan seadanya?? Bagaimana perasaan Anda?? Maka dari itu para pengelola penyembelihan Qurban harus faham betul teknis tatacara penyembelihan dan pengelolaan Qurban.

Alhamdulillah nya setiap tahun jumlah Qurban sapi Masjid Jogokariyan meningkat dan terus meningkat, tahun 2015 lalu mencapai 35 Sapi dan bisa terselesaikan semua sebelum Ashar. Sehingga para warga serta desa-desa binaan dapat menikmati daging Qurbannya sesegera mungkin jadi daging tetap segar dan halal.

Tahun ini masjid Jogokariyan genap berusia 50 tahun, bersamaan dengan itu kami menggagas program “50 Sapi Untuk Negeri“, yang dimana 10 – 15 diantaranya akan kami kirimkan ke desa-desa binaan Masjid Jogokariyan yang rawan kristenisasi dan butuh banyak pendampingan di pelosok-pelosok  (Gunung Kidul, Kulon Progo, Bantul, Merapi Merbabu, dll).

Mari kita “Kuatkan Aqidahnya Selamatkan Islamnya“.

Masjid Jogokariyan membuka kesempatan bagi Anda yang peduli dan ingin berbagi dengan saudara-saudara kita dengan ikut menjadi Sohibul Qurban di Masjid Jogokariyan.

Sohibul Sapi Reguler (1/7 bagian): Rp 2.750.000,-

Harga tersebut sudah termasuk Operasional penyembelihan.

 

======================

CARA MENJADI SOHIBUL VIA ONLINE:
1. Transfer uang ke Rekening BSM an.Masjid Jogokariyan No.7099602017

2. Konfirmasi ke nomer 085878603556 via WA/SMS/TELEGRAM dengan Format IKUTQURBAN_NAMA_DOMISILI

======================

Untuk pengetahuan teknis dan beberapa fiqh Qurban bisa di dengarkan:

atau klik link berikut

Jagongan Qurban – Berqurban Ala Rasulullah SAW.

Jagongan Qurban – Berqurban Ala Rasulullah SAW

Posted on Leave a commentPosted in Jogokariyan Darussalam

Alhamdulillah setiap tahun Qurban lembu di jogokariyan meningkat. Tak hanya dari dalam kampung saja tapi banyak orang dari luar kampung yang mendaftar menjadi shohibul dan mempercayakan Masjid Jogokariyan untuk menyembelih hewan Qurbannya. Setidaknya ada 35 Lembu yang disembelih pada tahun 2015 kemarin. Dimulai pukul 8 pagi dan alhamdulillah penyembelihan dapat diselesaikan sampai pukul 12 siang.

Tim yang berjumlah 300-400 orang bekerja sesuai dengan tugasnya masing masing. Banyak masalah ga? Ya jelas banyak, tapi semua dapat diselesaikan dengan profesional. Pukul 12.00 daging sudah 70% terdistribusi ke warga dan yang berhak menerimanya. Biasanya pukul 15.00 panitia sudah bersih-bersih dan siap-siap untuk pulang.

KOK BISA SIH?? Untuk mengetahui sedikit teknis dan beberapa fiqh Qurban apa yang dipakai di Jogokariyan bisa di dengarkan Jagongan Qurban – Berqurban Ala Rasulullah SAW .

Atau play rekaman berikut:

Partisipasi Penyediaan Buka Puasa Ramadhan

Posted on Leave a commentPosted in Jogokariyan Darussalam

Apakah anda termasuk orang yang ingin keuntungan berlipat-lipat tapi bingung harus bagaimana? Jika YA, mungkin informasi berikut COCOK buat anda.

Ada 1200 porsi takjil setiap hari yg akan disediakan Kampoeng Ramadhan Jogokariyan (KRJ) Yogyakarta 2016 selama Ramadhan. Dana yang dibutuhkan cukup besar yaitu Rp 196.800.000,- untuk menyediakan 36.000 porsi selama 30 hari.

Kabar gembiranya Andapun dapat berpartisipasi dalam menyediakan porsi takjil di KRJ 2016. Hanya dengan Rp 7.000,- Anda sudah mendapatkan kesempatan menyumbang 1 bagian dari 36.000 porsi takjil di KRJ 2016.

“Barang siapa menjamu orang yang berpuasa maka ia akan mendapatkan pahala seperti seperti orang yang berpuasa itu tanpa dikurangi sedikitpundari pahalanya” (HR. Tirmidzi)

Jadilah salah satu dari orang-orang yang beruntung dan dilipat gandakan pahala puasanya oleh Allah SWT.

Berapapun porsi yang anda berikan akan tetap kami terima dengan cara mengirimkan dana ke:

Rek. Bank Muamalat 5310065412
a.n SUDIWAHYONO.CQ BIRO RT MASJID JOGOKARIYAN
Konfirmasi transfer ke Sdr. Rizki (+62 858-7860-3556) via WA / Telegram / Telp.

Atau datang langsung ke Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Jl. Jogokariyan no. 36 Mantrijeron, Yogyakarta.

Masjid Jogokariyan Adakan Lomba Tartil dan Tenis Meja untuk Ibu-ibu

Posted on Leave a commentPosted in Jogokariyan Darussalam

Setelah berhasil menyelenggarakan Muslim Art Competition #2 yang terdiri dari lomba untuk remaja dan anak-anak, Masjid Jogokariyan kembali mengadakan lomba, namun kali ini untuk Ibu-ibu. Masih dalam rangkaian Acara Setengah Abad Masjid Jogokariyan, Ibu-ibu Jamaah Masjid Jogokariyan akan mengadakan dua Lomba untuk ibu-ibu di wilayah Yogyakarta. Harapannya, lomba-lomba ini dapat meningkatkan semangat ibu-ibu untuk beribadah dan memakmurkan masjid.

Lomba yang diadakan adalah lomba Tartil Al-qur’an (Membaca Al-Quran) dan Lomba tenis meja yang keduanya bertempat di masjid Jogokariyan. Lomba Tartil Al-Qur’an akan diselenggarakan pada 17 April mendatang, sedangkan lomba tenis meja/ping-pong akan diselenggarakan pada 24 April 2016. Segenap panitia setengah Abad Masjid Jogokariyan mengharap partisipasi seluruh ibu-ibu jamaah masjid di Yogyakarta.

Pendaftaran lomba bisa langsung datang ke masjid Jogokariyan atau menghubungi contact person masing-masing lomba yaitu untuk Lomba Tartil (ibu Yayu 085329881441) dan Lomba tenis meja (Ibu Amini 081328783921).

Perlombaan tersebut memperebutkan juara 1,2 dan 2 juara 3, berhadiah thropy, sertifikat, dan uang pembinaan.

Pemenang Muslim Art Competition 2016

Posted on 1 CommentPosted in Jogokariyan Darussalam

Alhamdulillah, tanggal 27 Maret kemarin telah terselenggara dengan lancar acara Muslim Art Competition. Kami Ucapkan terimakasih pada tiap pihak yang berpartisipasi; Segenap peserta, Sponsor, Takmir, dan Panitia. Mohon maaf atas segala kesalahan yang kami lakukan. Semoga, Ukhuwah kita tetap terjaga hingga kita berjumpa kembali di surga.

Berikut kami sampaikan daftar pemenangnya:

A. Lomba MHQ

  • Juara 1: ALIF FIRSTDY HAFIDZ
  • Juara 2: KHOLID WIRAWAN
  • Juara 3: HAYA NUR IZZAH

B. Lomba MTtQ

  • Juara 1: DAN DAN NIR RUASJI
  • Juara 2: AGUNG NITI SAPUTRA
  • Juara 3: AZIZ IHSANUDIN

C. Lomba Adzan

  • Juara 1: M. ILHAM AKBAR
  • Juara 2: RAFIQ
  • Juara 3: WAHYU HIDAYAH

D. Lomba CCA

  • Juara 1: TPA Al-Falah: Wajidu Karima Danda, Annida Salsabila Farra, Fira Ardhana
  • Juara 2: SD Muhammadiyah Karang Kajen: Ghitha Aufar, M. Riski S, Anggito
  • Juara 3: Pondok Pesantren Al-Ihsan: Nuha M, Ade Indriyani Isti K, Khoirunnissa Bintang Z

E. Lomba Menggambar

  • Juara 1: ALFINA CAHAYA (SD IT IBNU MAS’UD)
  • Juara 2: DESWITA (TPA MPD BALAIKOTA)
  • Juara 3: AHMAD SAYYIDUDDIN FAJRI (TPA MASJID MARGOYOSO)

F. Lomba Mewarnai

  • Juara 1: KIREINA ALIFIA (MASJID NURUL HUDA)
  • Juara 2: BILQIS T.N (SDN GODEAN 1)
  • Juara 3: TABINA ELVARETTA (TPA AL MIZAN)

G. Lomba Desain Kaos

  • Juara 1: LATIEF SETIAWAN
  • Juara 2: IRFAN DENI F.
  • Juara 3: TAUFIK TRISNA GUSTOMI

H. Lomba Mading

  • Juara 1: MAN 1 Yogyakarta
  • Juara 2: MAN 3 Yogyakarta
  • Juara 3: SMP N 4 YK

Demikianlah hasil perlombaan yang dapat kami sampaikan. Semoga berkah dan terus menambah semangat dakwah. Bagi yang belum mendapat juara, jangan berkecil hati. Sebab, yang terpenting bukan juara atau tidaknya, namun adalah keistiqomahan dalam terus mengasah kebajikan dalam diri kita.

Ikuti terus publikasi acara dari Masjid Jogokariyan, hadiri kegiatan menarik selanjutnya!

c1389c91-9694-4c21-a36c-41c09611b748

8ae8b881-8406-4cb2-8f22-cbca248f9594

01b759d5-72c3-44dd-994c-b4a02b908379

31880b3f-3071-4046-a47f-6b175f73e5bc