Sedekah Beras – Dari Jamaah untuk Jamaah

Posted on Posted in Jogokariyan Darussalam

Program “Sedekah Beras” merupakan program sosial masyarakatTakmir  Masjid Jogokariyan. Program ini sudah berjalan cukup lama sekitar 5 tahun dan sambutan masyarakat sangat baik terhadap masjid. Konsep dari program sedekah beras ini sangat sederhana yaitu “jamaah membantu jamaah”.

Bagaimana program “Sedekah Beras” bekerja?

Jika anda memasuki Plaza (halaman) Masjid Jogokariyan, maka anda akan menemui sebuah kotak besar seperti pada gambar.

Jamaah yang ingin menyumbangkan hartanya tinggal memasukkannya ke dalam kotak ini. Kotak ini dibuat sedemikian besarnya supaya bisa menampung beras yang banyak, pada bagian untuk memasukkan beras/uang dibuat lubang yang lebih besar dari kotak2 infaq biasanya dan dibuat seperti semacam corong, hal ini dimaksud untuk mempermudah jamaah untuk memasukkan beras / uang dalam nominal yg besar. Kotak ini akan dibuka oleh petugas setiap bulannya dan beras  ditimbang serta uang yang masuk dihitung. Pada bulan November 2011 shodaqoh yang terkumpul sejumlah 30kg beras + uang 1jutaan dengan dibelanjakan 30 paket beras 5 kiloan. Beras tersebut selanjutnya akan dibagi kepada Jamaah yang membutuhkan dengan melibatkan perangkat RT dan RW untuk memberikan data warga yang membutuhkan.

Dengan ini peran  masjid di masyarakat pun bertambah baik dan akan berdampak pada kepercayaan masyarakat kepada masjid untuk hadir di masyarakat sebagai salah satu perangkat kampung yang berpengaruh. Salah satu fiqh dakwah dimana “kepercayaan” menjadi sangat penting untuk keberlangsungan dakwah di suatu tempat.

Semoga program ini bisa menginspirasi para aktivis masjid untuk berkiprah di Masyarakat.

2 thoughts on “Sedekah Beras – Dari Jamaah untuk Jamaah

  1. as.subhanallah ana salud dgn program2 masjid jogokariyan. semoga tetap istiqomah dan berguna untuk umat.bolehkah ana minta cth2 progjanya dan file materi pelatihan manajemen masjid ke email ana. hp.081362391715.

Silahkan berkomentar tentang artikel kami.