Kampoeng Ramadhan

Kampoeng Ramadhan Jogokariyan 1432 H

KAMPOENG RAMADHAN JOGOKARIYAN EDISI #7

Alternatif Wisata Ruhani di Jogja

Kampoeng Ramadhan Jogokariyan, salah satu program unggulan Masjid Jogokariyan Jogja dalam rangka menyemarakan dan menghidupkan bulan Ramadhan dengan berbagai variasi acara dan kegiatan yang bersifat religus, produktif sekaligus rekreatif. Dimulai dengan “Parade Bedug Keliling Jogja”, bentuk syiar dan kegembiraan menyambut Ramadhan.  Ada “Pasar Sore” di sepanjang Jl Jogokariyan, yang menjajakan aneka makanan-minuman, pakaian, souvenir, pernak-pernik Islami, dan sebagainya dari berbagai potensi ekonomi warga Jogokariyan dan sekitarnya. Ada juga lesehan sore yaitu buka puasa yang dikemas dengan berbagai acara menarik mulai dari “Tausyiah Humor” bersama Kalepo dan Kang Puji, “Dongeng Keluarga” bersama Rona Mentari,  “Dongeng Anak” bersama Kak Bimo dan “Majelis Jejak Nabi” bersama Ustadz Salim A Fillah yang dilangsungkan di sore hari menjelang berbuka. Dimalam harinya ada Sholat dan Ceramah Tarwih dengan menghadirkan Imam dan Penceramah yang berbobot dan berkualitas, Insya Allah untuk tahun ini akan berusaha menghadirkan Imam Sholat dari Palestina, dengan kualitas bacaan yang mumpuni.

Masih ada “Angkringan Ramadhan” obrolan malam santai  khas angkringan dengan menghadirkan Herry Zudianto-Walikota Jogja. Disamping itu ada juga ‘Ramadhan Gerr” pengajian humor yang menghadirkan Kirun (Ludruk Humor) sebagai Ustadz. “Nonton Bareng” –Valley of the Wolves, yaitu pemutaran film berkisah tentang Palestina. “Obrolan Sejarah”, dialog interaktif  yang akan menghadirkan putra Jendral Sudirman yaitu Teguh Sudirman dan Sejarawan Ahmad Adaby Darban.

“Tabligh dan Konser Kemerdekaan” bersama Ustadz Fauzil Adhim dan Nasyid Izzatul Islam, disaat peringatan hari kemerdekaan sebagai bentuk semangat kemerdekaan juga digelar di Kampoeng Ramadhan.  Disamping masih ada seabreg kegiatan dan acara menarik lainya, sebagai salah satu pilihan “wisata ruhani” di kota Jogja.

Inlah bentuk apresiasi dan aktualisasi Masjid Jogokariyan untuk menghidupkan dan menghadirkan Ramadhan dengan nuansa khas, rekreatif  sekaligus menghibur namun tidak mengurangi muatan dan nilai kesucian Ramadhan. Dengan harapan Ramadhan sebagai bulan kemuliaan dapat hadir ditengah hati masyarakat dan disambut dengan penuh suka cita dan keceriaan, sehingga mampu meningkatakan kualitas ibadah maupun produktivitas masyarakat secara luas. Semoga.

9 thoughts on “Kampoeng Ramadhan Jogokariyan 1432 H”

  1. Mari mari mas, sekalian cari menu berbuka puasa di Pasar Sore Kampoeng Ramadhan 1434H di sepanjang jalan jogokariyan.

  2. salam,
    kami dari desa mronjo kecamatan selopuro kabupaten blitar jawa timur ingin bertanya.
    ditengah ghirah ramadhan apakah takmir bersedia menerima musyafir berjumlah 16 orang (11 putra dan 5 putri) untuk istirahat, i’tikaf sekaligus sahur di jogokariyan? rencana kami datang pada hari rabo (16 juli 2014) pagi kemudian belajar pembentukan desa wisata di Sleman dan Bantul, malam tarawih dan beristirahat plus sahur di jogokariyan, lanjut kamis (17 juli) pagi meneruskan belajar pemberdayaan masyarakat desa melalui desa wisata di Bantul. untuk sahur dan menginap mungkin ada biaya yang timbul? mohon penjelasan, sukron.

  3. Waalaikumussalam.
    Kesempatan bagi kami menuai pahala berlimpah menjamu tamu Allah. 🙂
    Jika ingin berkunjung sila menghubungi Bp. Sudiwahyono (081804185810)

Leave a Comment