Manajemen Masjid

Setiap masjid pasti mempunyai manajemen sendiri dalam mengelola jamaah. Masjid jogokariyan salah satu masjid yang mengelola jamaah nya dengan berorientasi pada pelayanan jamaah. Setiap acara, kegiatan serta program masjid selalu kembali pada kenyamanan jamaah serta kesejahteraan jamaah. Manajemen Masjid Jogokariyan merupakan manajemen masjid modern yang berlandaskan pada nilai-nilai masjid pada zaman Rasulullah SAW yang dimana masjid menjadi jantung pokok kegiatan masyarakat serta bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat sekitar. Berikut kami sediakan link download materi manajemen masjid Jogokariyan yang telah kami kompilasi.

Sejarah manajemen Masjid

Ta’mir masjid Jogokaryan bersama para ta’mir lainnya, masuk pada langkah strategis dan praktis. Yaitu dengan konsep Manajemen Masjid- ada di 3 langkah: Pemetaan, Pelayanan, dan Pemberdayaan.

Pada konteks Pemetaan, bisa diartikan, setiap Masjid harus memiliki peta dakwah yang jelas, wilayah kerja yang nyata, dan jama’ah yang terdata. Pendataan yang dilakukan Masjid terhadap jama’ah mencakup potensi dan kebutuhan, peluang dan tantangan, kekuatan dan kelemahan.

Di masjid Jogokariyan, para Ta’mir masjid Jogokaryan, bersama Ustadz HM Jazir ASP, menginisiasi Sensus Masjid. Pendataan tahunan ini menghasilkan Data Base dan Peta Dakwah komprehensif.

Data Base dan Peta Dakwah Jogokariyan tak cuma mencakup nama KK dan warga, pendapatan, pendidikan, dan lainnya, melainkan sampai pada siapa saja yang shalat dan yang belum, yang berjama’ah di Masjid dan yang tidak, yang sudah berqurban dan berzakat di Baitul Maal Masjid Jogokariyan, yang aktif mengikuti kegiatan Masjid atau belum, yang berkemampuan di bidang apa dan bekerja di mana, dan seterusnya. Detail sekali.

Peta Dakwah Jogokaryan memperlihatkan gambar kampung yang rumah-rumahnya berwarna-warni: hijau, hijau muda, kuning, dan seterusnya, hingga merah. Di tiap rumah, ada juga atribut ikonik: Ka’bah (sudah berhaji), Unta (sudah berqurban), Koin (sudah berzakat), Peci, dan lain-lain. Konfigurasi rumah sekampung itu dipakai untuk mengarahkan para Da’i yang cari rumah.

Data potensi Jama’ah dimanfaatkan sebaik-baiknya. Segala kebutuhan Masjid Jogokariyan yang bisa disediakan jama’ah, diorder dari jama’ah. Masjid Jogokariyan juga berkomitmen tidak membuat Unit Usaha agar tak menyakiti jama’ah yang memiliki bisnis serupa. Ukhuwah umat Islam di Jogokaryan dibangun dengan kuat. Tiap pekan, Masjid Jogokariyan menerima ratusan tamu. Konsumsi untuk para tamu, diorderkan secara bergiliran dari jama’ah yang memiliki rumah makan.

Studi Banding

Jika ingin bersilaturahmi ke Masjid Jogokariyan untuk study banding bisa terlebih dahulu mengirimkan surat pengajuan dan diemailkan ke masjidjogokariyan@gmail.com. Adapun surat tersebut setidaknya menyertakan nama lembaga, Tanggal kedatangan, jam kedatangan, jumlah peserta, dan contact person. Setelah email terkirim dapat menghubungi kontak kami untuk konfirmasi.

Atau anda bisa langsung menghubungi CP Manajemen Masjid dengan mengirimkan form berikut Contoh:

FORM TAMU
Nama dan asal lembaga: SMK Negeri 2 Semarang
hari kedatangan: Ahad
Tanggal datang: 19 Januari 2020
Jam datang: 09.00
Jumlah peserta: 43 orang
Tujuan kunjungan: study banding untuk mencari ilmu tentang pengelolaan manajemen dan pendanaan masjid
Contact person: 089618659318
Catatan : Konfirmasi kembali H-7 sebelum berangkat

Kirim ke wa.me/6281222873636 


Jika ingin membaca atau mempelajari materi manajemen masjid Jogokariyan terlebih dahulu silahkan download materi-materi manajemen masjid dengan menekan tombol download dibawah ini.

Jika menginginkan materi yang lebih lengkap (1.5 GB) beserta video-video materi berupa flashdisk, bisa langsung anda dapatkan dengan mengganti biaya di kantor Masjid Jogokariyan atau jika ingin dikirim melalui ekspedisi bisa langsung hubungi Kontak manajemen Masjid di Menu Kontak.